3 Cara Sedekah Tanpa Uang

Posted by Unknown On Rabu, 20 Mei 2015 0 komentar

Seringkali kita terjebak menilai kebaikan dengan ukuran nilai materi. Apalagi tolak ukurnya kalau bukan uang. Seolah-olah segala kebaikan hanya diukur dari besaran nilai uang yang kita gunakan. Pemikiran seperti itu kerap menyesatkan karena kemudian kita berpikir hanya dengan uang baru bisa berbuat kebaikan. Tak jarang ungkapan bahwa untuk bisa berbuat baik, perlu untuk menjadi kaya, karena kaya identik dengan banyak uang, dan banyak uang bisa digunakan untuk berbuat kebaikan. Salah satu bentuk kebaikan itu adalah bersedekah.
Tak ada yang salah dengan menjadi kaya. Tapi tentunya dengan cara yang benar, halal, dan berkah. Bukan dengan jalan merugikan orang lain, apalagi negara. Hiii.., naudzubillah. Sesuatu yang diperoleh dengan cara bathil, tidak akan menjadi bernilai amal sholih walau pun nilainya mungkin sebesar gunung emas. Dan sebaliknya, sekecil apa pun yang kita lakukan dan berikan kalau berasal dari sumber yang jelas, halal, dan baik, tentunya akan dicatat sebagai bentuk amal sholih di hadapanNya. Nah, kalau kekayaan itu diperoleh dengan cara yang baik, halal, dan berkah, maka selain berzakat sebagai salah satu hal wajib untuk kaum muslim, maka amal sholih lainnya yang sering dilakuan adalah bersedekah.
Lalu, bagaimana dengan mereka yang Allah (masih) uji dengan kesempitan hidup, rejeki yang pas-pasan hanya untuk mencukupi kebutuhan keluarga, bahkan kurang? Tidak adakah celah untuk bersedekah sebagai salah satu cara untuk juga mengundang lancarnya rejeki? Jangan kecil hati dulu. Sedekah tak selalu harus dengan uang. Rasulullah sendiri pernah mengatakan bahwa senyum pun bisa bernilai sedekah. Dengan demikian, sedekah tak harus identik dengan besaran nilai uang yang kita berikan.
Ada 3 hal yang bisa kita lakukan sebagai bentuk amal sholih sedekah tanpa uang bagi mereka yang memang hidupnya tidak berkelimpahan uang. Ketiga hal tersebut adalah :
1. Sedekah Benda
Bersedekah tanpa uang bisa kita lakukan dengan memberikan benda yang masih bagus dan layak bagi orang lain. Lebih baik lagi bila kita memberikan benda yang paling kita sayangi dan sukai. Jadi memberikan sedekah dalam bentuk benda, bukan hanya semata-mata kita memberikan benda yang sudah tidak kita butuhkan. Lebih terutama bila kita mampu memberikan benda-benda milik kita yang dibutuhkan oleh orang lain , walau kita sendiri masih menggunakannya.
Contoh seperti ini misalnya, memberikan makanan buat fakir miskin dengan makanan terbaik yang kita miliki (bukan sisa, apalagi basi), buku-buku, pakaian, koran bekas, dan sebagainya.
2. Sedekah Tenaga/Jasa
Memberikan bantuan tenaga dan keahlian kita juga bisa dimasukkan dalam sedekah. Tentunya iklash dan gratis. Misalnya, mengajar gratis untuk kaum duafa, memberikan les bahasa Inggris untuk anak yatim, menjadi tenaga sukarela untuk korban bencana alam, penderita sakit yang memerlukan dukungan moril, atau menjadi pendonor darah.
Banyak lagi contoh sedekah yang hanya membutuhkan tenaga dan keahlian kita untuk disumbangsihkan pada mereka yang memerlukan.
3. Sedekah senyum
Senyum yang iklash dan datangnya dari hati, akan terpancar lewat mata dan sampai ke hati. Ini yang paling mudah dan sederhana, tapi ternyata tidak semua orang mampu melakukannya. Padahal, bila dilakukan dengan keiklahsan, bayangkan, betapa mudahnya kita melakukan sedekah ini setiap harinya.
Itulah 3 bentuk sedekah yang bisa dilakukan tanpa uang. Yang diperlukan adalah niat untuk berbagi tanpa pamrih, dan iklash, dan tentunya hanya berharap ridha dariNya.
JADI APA KITA HARUS MENCARI ALASAN UNTUK TIDAK BERSEDEKAH????


0 komentar:

Posting Komentar